Halaman

Senin, 26 Februari 2018

5 Alasan Masuk Akal Kenapa Orang Sukses Selalu Disiplin Waktu

5 Alasan Masuk Akal Kenapa Orang Sukses Selalu Disiplin Waktu

Banyak tips-tips menjadi orang sukses dalam waktu singkat di luar sana, namun, seringkali gagal di tengah jalan saat menjalankannya. Lalu apa sih yang membuat orang menjadi sukses sungguhan? Salah satu faktor menjadikan diri sukses adalah disiplin terhadap waktu.

Mengatur jadwal mulai dari bangun tidur hingga akan tidur kembali menjadikan orang mampu menyelesaikan setiap target yang telah direncanakan sebelumnya.

Sikap disiplin terhadap waktu tidak bisa dibangun secara instan. Perlu perjuangan saat menjalankannya karena harus adanya komitmen dan harus dijadikan sebagai rutinitas. Lalu apa yang menjadi alasan disiplin waktu sebagai salah satu faktor menjadi orang sukses? Inilah 5 alasan mengapa orang sukses selalu disiplin waktu.

1. Sikap patuh dimulai dari menaklukkan diri sendiri.

Pernahkah merasa bangga terhadap diri sendiri saat berhasil melawan hawa nafsu? Misalnya, melawan rasa malas dari bangun tidur atau mengerjakan sesuatu. Ketika Anda berhasil melawan rasa malas itu, Anda akan merasa senang dan akan ada keinginan untuk mencoba kembali menaklukkan rasa malas pada diri Anda di keesokan harinya dan seterusnya.

Secara tidak sadar, lama-lama kebiasaan ini akan membuat Anda menjadi orang yang lebih patuh, bukan hanya pada diri sendiri namun juga kepatuhan terhadap apa yang berlaku di kehidupan sosial maupun di lingkungan lain. Seperti, patuh terhadap norma masyarakat dan patuh terhadap hukum negara. Misalnya, patuh mengikuti rambu lalu lintas atau patuh terhadap kedua orang tua.

2. Menjadi lebih peduli.

Orang yang sangat disiplin terhadap waktu, mejadikan rasa kepedulian terhadap hal-hal kecil semakin besar. Hal ini karena waktu yang sudah diatur dan ditargetkan akan membuat lebih banyak peluang mengerjakan hal lainnya sehingga bisa bekerja lebih dari apa yang menjadi target. Selain itu, kepedulian terhadap orang lain juga akan terus bertumbuh karena merasa bertanggung jawab untuk membantu mereka atau menjadi leader dalam sebuah pemecahan masalah.

3. Lebih percaya diri

Pekerjaan yang telah diselesaikan tepat waktu akan membuat diri Anda lebih percaya diri karena yakin dengan hasil yang maksimal dan lebih baik dari perkiraan. Sikap ini perlu ditumbuhkan sejak dari kecil.munculnya rasa percaya diri karena disiplin waktu tidak hanya berlaku bagi pekerja atau pelajar loh, tetapi untuk semua orang tanpa terkecuali wanita yang sedang diet. Menjadwalkan waktu makan yang tepat dan apa yang harus menjadi asupan pokok yang diperlukan oleh tubuh, menjadikan diet berhasil dan menuai hasil yang maksimal.

4. Menjadi lebih mandiri

Anak yang mampu menyelesaikan masalahnya sendiri dengan mengatur waktu dan mengatur rencana menjadikan anak tumbuh hidup lebih mandiri dibandingkan dengan teman-temannya. Memenuhi kebutuhannya sendiri mulai dari disiplin jam bangun tidur hingga mengatur waktu kapan ia harus mendapatkan waktu istirahatnya kembali, akan membuat anak lebih bijak dalam mengambil setiap keputusan dan mampu mengeksplorasi lingkungan dengan baik. Anak yang disiplin terhadap waktu juga tidak terlalu menggantungkan suatu hal kepada orang lain sehingga risiko yang didapat lebih kecil.

5. Menjadikan diri yang lebih tenang.

Orang yang lupa waktu cenderung berbuat sesuatu terburu-buru sehingga pekerjaan yang ditargetkan hasilnya kurang baik dan kurang memuaskan karena waktu yang terbuang sia-sia menjadikan waktu yang tersedia lebih sedikit. Sedangkan orang yang bisa mengatur waktu dengan baik, cenderung berperilaku tenang, tidak mudah panik, dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Orang yang bersikap tenang, juga jarang mengambil keputusan terlalu tergesa-gesa tanpa pemikiran yang matang sebab-akibat dan risiko yang akan diambilnya. Kemampuan inilah yang membuat orang tersebut pantas dijadikan pemimpin.

Itulah 5 alasan yang masuk akal mengapa orang sukses selalu disiplin waktu. Sejatinya, kesuksesan tidak didapat dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. Perlu perjuangan yang cukup panjang dan kesabaran tiada batas dalam menghadapi setiap persoalan yang menghadang. Tantangan demi tantangan pun harus dilalui.

Orang yang sukses secara instan biasanya tidak akan bertahan lama karena mental yang dimiliki belum cukup kuat sebagai pondasi menuju kesuksesan. Dengan adanya masalah-masalah yang dihadapi dapat dijadikan pengalaman ke depannya agar tidak terjadi kedua kali sehingga penangannya pun menjadi tepat dan menjadikan pribadi yang lebih tangguh.