Halaman

Rabu, 14 Februari 2018

Manajemen Keuangan Itu Penting, Ini Alasan yang Akan Membuat Anda Sadar

Manajemen Keuangan Itu Penting, Ini Alasan yang Akan Membuat Anda Sadar

Terkadang di dalam kehidupan sehari hari kita bahkan tidak sadar bahwa sebuah ilmu seperti mempelajari manajemen keuangan untuk mengelola sebuah dana yang ada pada Anda. Dana tersebut bisa dana apapun, misalnya dana untuk uang saku, untuk jajan, untuk ditabung, ataupun untuk keperluan lainnya.

Dana seperti itu perlu dikelola dengan sebaik mungkin dengan menggunakan manajemen keuangan. Jika Anda mengelola dana dengan menajemen keuangan, maka dana yang Anda pegang akan terbagi rata sesuai dengan rencana awal Anda ingin mengelolahnya untuk apa.

Mempelajari metode manajemen keuangan bisa mempermudah kita dalam mengelola dana, apalagi jika Anda memiliki sebuah bisnis kecil-kecilan, maka manajemen keuangan sangatlah membantu Anda untuk mengelola dana keuangan. Misalnya ketika memiliki usaha, dana harus dikelola dengan sebaik mungkin. Kita harus bisa memisahkan dana untuk modal bisnis, dana keuntungan, dan dana lainnya.

Semua harus diperhitungkan dengan tepat agar kita tidak rugi. Anda tidak perlu memperlajari manajemen keuangan dari jalur pembelajaran khusus atau akademik dengan melakukan pengelolaan dana pribadi. Tidak hanya untuk berbisnis saja, seorang ibu rumah tangga juga sangat membutuhkan manajemen keuangan agar bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan baik dan benar.

Karena bersangkutan dengan peras seorang istri atau ibu yang merupakan seseorang yang harus mengatur keuangan dalam rumah tangga, supaya dana yang digunakan sesuai dengan anggarannya, tidak kurang dan tidak juga lebih.

Sebelum Anda mengetahui pentingnya manajemen keuangan, Anda juga harus mengenal terlebih dahulu pengertiannya. Apa itu manajemen keuangan? Pengertiannya adalah sebuah kegiatan untuk merencanakan, mengelola, memeriksa, mengendalikan, menyimpan, dan mencari dana dari yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan atau organisasi tertentu.

Untuk manajemen keuangan sendiri itu memiliki tiga aktivitas, diantaranya adalah aktivitas untuk menggunakan dana, aktivitas untuk memperoleh dana, dan aktivitas dalam pengelolaan aktivitas dalam sehari-hari.

Sedangkkan untuk fungsi dari manajemen keuangan adalah untuk merencanakan, menganggar, mengelola, mencari, menyimpan, mengendalikan, dan memeriksa keuangan yang seseorang atau perusahaan atau organisasi miliki.

Sebenarnya manajemen keuangan memiliki tujuan yang utama yaitu sebagai sesuatu yang dapat memaksimalkan sebuah nilai dari perusahaan tertentu. Jadi, jika pengelolaan keuangannya bagus maka suatu instansi atau perusahaan atau organisasi atau perorangan yang mengelola keuangan tersebut akan dianggap sukses.

Nah, untuk itu ada beberapa alasan mengapa Anda harus menerapkan sebuah manajemen keuangan didalam perencanaan keuangan Anda. Beberapa alasannya adalah sebagai berikut:

  • Untuk Mencermati Adanya Pengeluaran

Ketika Anda ingin membeli sesuatu, pastikan Anda memikirkan terlebih dahulu untuk apa barang yang akan dibeli tersebut. Jika sekiranya barang tersebut tidak terlalu penting dan tidak dapat menghasilkan apapun yang berbalik dana, maka Anda harus segera mempertimbangkan dana yang dikeluarkan.

  • Untuk Mengatur Pengeluaran

Manajemen keuangan ini akan sangat membantu Anda dalam mengatur adanya arus pengeluaran yang terkadang tidak dapat di stop. Anda harus benar-benar mengatur untuk apa saja dana yang akan dikeluarkan agar tidak boros.

  • Untuk Menekan Suatu Biaya

Manajemen keuangan dapat membantu adanya penekanan biaya tertentu. Misalnya dalam rumah tangga, Anda bisa mengurangi biaya untuk membayar listrik dengan cara mengurangi adanya penggunaan listrik secara berlebihan agar biayanya tidak terlalu mahal. Dengan demikian Anda bisa melakukan penghematan dan biayanyadapat digunakan untuk pengeluaran lainnya yang lebih berguna.

Jadi, tidak hanya dalam berbisnis saja manajemen keuangan ini digunakan, namun di dalam kehidupan sehari-hari juga sangat diperlukan. Alasan dan tujuan dari manajemen keuangan ini sangatlah membantu Anda di kehidupan masa depan nanti. Dengan mengatur pengelolaan dana atau keuangan yang benar, maka Anda bisa mengendalikan biaya sehari hari dengan baik.

Bahkan jika memiliki biaya tambahan, maka Anda bisa membuat usaha atau bisnis sendiri dengan mengelola keuangan dengan baik. Dengan adanya tujuan dan alasan adanya manajemen keuangan di atas, maka perencanaan keuangan akan berjalan dengan sempurna seperti yang Anda harapkan.

Dengan mempelajari metode manajemen keuangan bisa mempermudah kita dalam mengelola dana, apalagi jika Anda memiliki sebuah bisnis kecil-kecilan, maka manajemen keuangan sangatlah membantu Anda untuk mengelola dana keuangan.