Halaman

Sabtu, 03 Maret 2018

Biaya Hidup di Kota Bandung dan Sekitarnya: Mau Hemat? Bijaklah Memilih Lokasi!

Biaya Hidup di Kota Bandung dan Sekitarnya: Mau Hemat? Bijaklah Memilih Lokasi!

Apa menurut pendapat Anda tentang sewa rumah Bandung? Ya, Bandung sebagai salah satu kota besar di Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Belum lagi jika ada pendatang atau mahasiswa dari luar kota yang mengenyam pendidikan di universitas-universitas yang ada di Bandung.

Karena Bandung memiliki banyak universitas, maka akan ada banyak kos, rumah yang disewakan atau dikontrakkan juga. Untuk memilihnya, tentulah harus memikirkan beberapa aspek. Seperti harga, lokasi yang dekat dengan kampus atau pusat kota, kondisi dan sebagainya. Nah, berikut ada informasi mengenai hal tersebut untuk Anda.

Sewa Rumah Bandung, Apa Saja yang Harus Diperhatikan?

Jika Anda menetap di Bandung, biasanya akan memilih rumah permanen. Jika belum memungkinkan, opsi kedua yang bisa dipilih adalah dengan menyewa rumah. Nah, jika Anda memilih opsi yang kedua ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Ini karena memilih sewa rumah Bandung gampang-gampang susah.

Apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum menetapkan pilihan rumah yang akan Anda sewa? Simak beberapa hal di antaranya.

1. Harga

Tentu, biasanya yang menjadi pertimbangan pertama saat akan menyewa sebuah rumah adalah harga. Saat ini Anda bisa melihat harga sebuah rumah dengan mudah lewat website. Untuk harga sewa rumah di Bandung sendiri saat ini ada banyak penawaran yang berbeda.

Enaknya, lewat website Anda bisa sekaligus melihat kondisi rumah yang disewakan. Jadi Anda bisa mempertimbangkan apakah harga yang diajukan sesuai dengan kondisi rumah tersebut. Selain itu juga menimbang fasilitas yang tersedia dan lokasi. Jika dekat dengan pusat kota maka harga sewanya tentu lebih mahal.

2. Lokasi

Kedua, biasanya orang akan mempertimbangkan lokasinya. Apakah lokasinya strategis? Apakah dekat dengan pusat kota atau berada di dalam gang? Beberapa lokasi di Bandung, terutama di perumahan memiliki banyak gang-gang yang cukup sempit. Tentu ini akan menyulitkan jika Anda memiliki mobil.

Untuk menyikapinya, Anda bisa memilih rumah yang lokasinya dekat dengan jalan besar atau yang memiliki gang yang cukup luas untuk dilalui oleh mobil Anda.

3. Kondisi

Ketiga, pertimbangkan kondisi rumah yang akan Anda sewa. Apakah masih dalam kondisi baik atau tidak? Apakah ada bagian atap yang bocor? Apakah dindingnya berjamur dan berlumut? Pertimbangkan faktor lainnya juga. Apakah cenderung banjir saat musim hujan? Apakah gelap dan pengap? Apakah saluran airnya lancar?

Hal-hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi jika Anda melihat rumah yang disewakan lewat website. Usahakan setelah melihat rumah yang membuat Anda tertarik, tinjaulah langsung ke lokasinya dulu. Perhatikan setiap sudut rumah, jangan ragu untuk bertanya pada pemiliknya tentang seluk beluk rumah tersebut.

4. Fasilitas

Selanjutnya, pertimbangkan fasilitas yang disediakan. Biasanya untuk rumah yang disewakan ada yang sudah berisi beberapa perabot ada yang belum. Lalu jika di perumahan ada yang sudah tersedia dengan lintasan sepeda, instalasi pengolahan air, dan sebagainya.

Jika Anda melihat rumah lewat website, ada pemilik yang sudah mencantumkan fasilitas lengkap rumah tersebut. Nah, saat Anda meninjau lokasinya secara langsung, Anda bisa bertanya tentang seluk beluk fasilitas-fasilitas tersebut lebih jauh. Jangan ragu untuk menanyakan fasilitas lain yang tidak tercantum di website ya.

5. Jarak dengan fasilitas publik

Terakhir, tak kalah penting, perhatikan jarak rumah yang akan Anda sewa dengan fasilitas publik. Apakah dekat dengan supermarket maupun minimarket? Apakah dekat dengan tempat ibadah? Jauhkah dari pasar, rumah sakit, dan sekolah atau kampus Anda?

Tentu saja jika jauh dari banyak fasilitas publik ini akan menyulitkan Anda. Walaupun tentu biasanya jarak dari sebuah fasilitas publik tidak terlalu jauh, ada baiknya Anda memilih pilihan rumah terbaik yang dekat dengan banyak fasilitas publik.

Selain hal-hal di atas, ada beberapa tips lainnya yang bisa Anda terapkan jika Anda ingin menyewa rumah di Bandung. Simak daftarnya berikut ini.

1. Menyewa rumah untuk anak kos

Jika Anda masih kuliah dan ingin menyewa atau mengontrak sebuah rumah, ada baiknya Anda menempati rumah tersebut dengan beberapa teman Anda. Ini akan membuat biaya sewa lebih murah dan terjangkau. Anda bisa mengajak minimal 3 orang teman Anda untuk menyewa rumah tersebut.

Namun pastikan juga jumlah kamar dalam kamar yang akan Anda sewa. Jika kamar yang ada hanya 2 namun luas, kamar tersebut bisa ditempati oleh masing-masing dua orang. Jadi ada 4 orang dalam rumah tersebut termasuk Anda.

2. Menyewa rumah untuk pasangan baru menikah

Jika Anda adalah orang yang baru menikah, maka hal yang harus diperhatikan adalah:

- Apakah Anda adalah pekerja yang sering berpindah lokasi karena tuntutan pekerjaan? Jika iya, maka pilihlah rumah yang disewakan per bulannya. Jadi Anda tidak perlu membayar untuk sewa rumah satu tahun.

- Apakah rumah yang Anda sewa sudah memiliki beberapa furnitur? Jika ya, tentu ini akan menghemat pengeluaran Anda dan pasangan untuk membeli furnitur. Misalnya di rumah tersebut sudah ada meja pantry, meja kursi di luar ruangan, dan sebagainya.

- Perhatikan kondisi rumah yang Anda sewa. Jika sering terjadi kebocoran setelah hujan, sebaiknya hindari menyewa rumah tersebut. Ini karena ada beberapa pemilik rumah yang membebankan biaya perbaikan terhadap penyewa rumahnya. Ini tentu bisa membebani Anda dan pasangan.

Itulah beberapa tips dan hal-hal yang harus Anda perhatikan tentang sewa rumah Bandung. Hal yang paling penting adalah selalu teliti saat menyewa rumah. Perhatikan segala aspek tentang rumah tersebut agar Anda tidak rugi dan mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginan Anda.